Operasi Jantung

Dalam dunia pengobatan kedokteran yang dimaksud dengan operasi jantung adalah prosedur pembedahan yang bertujuan untuk mengganti atau memperbaiki fungsi pembuluh darah yang menyempit yang membuat aliran darah ke jantung menjadi terhambat.

Umumnya mereka yang mengalami penyakit jantung menempuh pengobatan dengan cara operasi jantung. Metode operasi jantung yang banyak dilakukan adalah dengan cara bypass, selain bypass ada pula jenis operasi jantung lainnya, yakni :

1. Operasi jantung bypass

Operasi jantung bypass ini umumnya dilakukan untuk mengobati penyakit jantung koroner. Mekanisme operasi jantung bypass ini dilakukan dengan cara membuat saluran baru pada pembuluh darah arteri jantung untuk menggantikan saluran lama dari pembulluh darah yang terlah rusak atau menyempit. Dengan demikian, proses aliran darah akan kembali normal dan lancar sehingga oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah dapat sampai ke otot-otot jantung.

Umumnya dokter akan melakukan pengobatan atau perbaikan pada empat pembuluh darah yang terhambat. saluran baru pada pembuluh darah umumnya diambil dari dada, kaki atau bagian tertentu pasien. Umumnya operasi bypass ini merupakan operasi jantung yang paling sering dilakukan terutama pada pasien dengan penyakit jantung koroner.

2. Operasi perbaikan katup jantung

Katup jantung berfungsi untuk mengatur aliran darah pada satu arah. Ketika katup jantung terbuka, aliran darah akan mengalir langsung dari biliki jantung menuju arteri, namun ketika katup jantung tertutup maka secara otomatis aliran darah akan terhenti.

Beberapa orang yang mengalami masalah dengan katup jantung, dengan operasi katup jantung ini bertujuan untuk membuka jalan katup jantung yang semula tertutup dan kembali terbuka agar aliran darah tidak lagi terganggu.

3. Operasi jantung dengan laser

Dunia pengobatan kedokteran semakin maju. Operasi jantung laser ini dilakukan ketika operasi jantung sebelumnya mengalami kegagalan. Dokter ahli penyakit dalam akan menggunakan teknologi laser untuk membuat saluran di otot jantung. Dengan tujuan agar saluran tersebut mampu membuat darah mengalir lebih lancar.

4. Operasi pembengkakan jantung

Pembengkakan jantung terjadinya apabila otot jantung mengalami pembengkakan tidak wajar atau pada dinding arteri. Pembengkakan jantung terjadi pada bagian jantung sebelah kiri. Apabila otot jantung semakin mengalami pembengkakan dan keadaan semakin memburuk dan bahkan pecah akan menyebabkan aliran darah dalam tubuh semakin tak terkendali dan akan semakin terganggu. Hal yang paling fatal terjadi adalah serangan jantung pun akan semakin sering terjadi. Dokter ahli akan berupaya untuk mengatasi bagian jantung yang mengalami pembengkakan tersebut melalui operasi pembengkakan jantung.

5. Operasi cangkok jantung

Operasi cangkok jantung atau yang biasa disebut dengan tranplantasi jantung. Operasi cangkok jantung umumnya hanya dilakukan oleh beberapa orang yang mengalami lemah jantung. Seseorang yang memiliki lemah jantung membuat jantung tidak cukup kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Operasi cangkok jantung ini dapat dilakukan dengan cara mengganti jantung yang lemah dengan jantung yang kuat dan sehat. Namun dalam menjalankan operasi cangkok jantung ini harus ada yang mendonorkan jantung sehat. Sayangnya untuk mendapatkan donor jantung yang sehat bukanlah hal yang mudah dan faktanya mereka yang mengalami jantung lemah sering kali tidak tertolong karena tidak adanya transplantasi atau pendonor jantung.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung. Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Menstimulasi Perbaikan Jaringan Jantung Yang Rusak, Membersihkan Bekuan Darah dan Endapan di Pembuluh Darah, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>